Lapisan Atmosfer: Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, Eksosfer


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Lapisan Atmosfer: Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, Eksosfer. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Lapisan di Atmosfer ~ Atmosfer dapat dibagi menjadi beberapa lapisan berdasarkan suhu. Jika disebutkan dari bawah, lapisan-lapisan di atmosfer di mulai dari troposfer, stratosfer, mesosfer dan termosfer. Wilayah selanjutnya, sekitar 500 km di atas permukaan bumi, disebut eksosfer. 

Atmosfer, Pengertian Atmosfer, Lapisan Lapisan Atmosfer, Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, Eksosfer, Lapisan Ozon
Lapisan Atmosfer: Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, Eksosfer 


Troposfer

Troposfer adalah bagian terendah dari atmosfer - bagian tempat kita tinggal. Ini berisi sebagian besar cuaca - awan, hujan, salju. Di bagian atmosfer ini, semakin tinggi jaraknya, semakin dingin suhunya, karena jarak di atas bumi meningkat, sekitar 6,5 ° C per kilometer. Perubahan suhu yang sebenarnya dengan tinggi bervariasi dari hari ke hari, tergantung pada cuaca.

Troposfer mengandung sekitar 75% dari seluruh udara di atmosfer, dan hampir semuanya berupa uap air (yang membentuk awan dan hujan). Penurunan suhu dengan tinggi merupakan akibat dari penurunan tekanan. Jika sebidang udara bergerak ke atas, ia mengembang (karena tekanan yang lebih rendah). Saat udara mengembang mendingin. Jadi udara yang lebih tinggi lebih dingin dari pada udara yang lebih rendah.

Bagian terendah troposfer disebut lapisan batas. Di sinilah gerak udara ditentukan oleh sifat-sifat permukaan bumi. Turbulensi dihasilkan saat angin bertiup di atas permukaan bumi, dan oleh termal naik dari daratan karena dipanaskan oleh sinar matahari. Turbulensi ini meredistribusi panas dan kelembaban di dalam lapisan batas, serta polutan dan unsur penyusun atmosfer lainnya.

Bagian atas troposfer disebut tropopause. Lapisan tropopause paling rendah berada di kutub, di mana jaraknya sekitar 7 - 10 km dari atas permukaan bumi. Lapisan tropopause tertinggi (sekitar 17 - 18 km) berada di dekat khatulistiwa.

Stratosfer

Lapisan stratosfer memanjang ke atas dari tropopause sampai sekitar 50 km. Lapisan ini mengandung banyak ozon di atmosfer. Kenaikan suhu dengan tinggi terjadi karena penyerapan radiasi ultraviolet (UV) dari matahari oleh ozon tersebut. Dengan menyerap radiasi UV yang berbahaya, ozon di stratosfer melindungi kita dari kanker kulit dan kerusakan kesehatan lainnya. Namun bahan kimia (yang disebut CFC atau freon, dan halon) yang digunakan di lemari es, AC dan alat pemadam kebakaran telah mengurangi jumlah ozon di stratosfer, yang menyebabkan terjadinya lubang di ozon.

Mesosfer

Daerah di atas stratosfer disebut mesosfer. Disini suhu menurun dengan tinggi, mencapai minimum sekitar -90 ° C pada "mesopause".

Termosfer dan Ionosfer

Termosfer terletak di atas mesopause, dan merupakan daerah di mana suhu kembali meningkat dengan tinggi. Kenaikan suhu ini disebabkan oleh penyerapan ultraviolet energik dan radiasi sinar-X dari sinar matahari.

Wilayah bagian atas atmosfer, sekitar 80 km, terdapat lapisan yang disebut ionosfer. Disebut ionosfer, karena di lapisan ini radiasi matahari yang energik melepaskan elektron dari molekul dan atom, mengubahnya menjadi ion dengan muatan positif. Suhu termosfer bervariasi antara siang dan malam dan di antara musim, seperti halnya jumlah ion dan elektron yang ada. Ionosfer memantulkan dan menyerap gelombang radio, memungkinkan kita menerima siaran radio.

Eksosfer

Wilayah paling atas atmosfer, sekitar 500 km, disebut dengan eksosfer. Lapisan ini utamanya terdiri dari atom oksigen dan hidrogen, namun hanya sedikit saja yang jarang bertabrakan - mereka mengikuti lintasan "balistik" di bawah pengaruh gravitasi, dan beberapa di antaranya melarikan diri keluar ke luar angkasa.

Demikialah penjelasan singkat mengenai Lapisan Lapisan Atmosfer yang mencakup lapisan troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat dan dapat membantu teman-teman sekalian dalam memahami materi pelajaran geografi. Terima kasih sudah mau berkunjung dan membaca. 
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © SEPIL. My Simple Template: Simple Template Design