Pengertian Politik Pintu Terbuka, Politik Mercusuar dan Politik Dumping


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Pengertian Politik Pintu Terbuka, Politik Mercusuar dan Politik Dumping. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Pengertian Politik Pintu Terbuka, Politik Mercusuar dan Politik Dumping – pada artikel kali ini akan kita bahas satu persatu mengenai pengertian dari politik pintu terbuka, politik mercusuar dan politik dumping. Langsung saja pembahasannya sebagai berikut :


 Pengertian Politik Pintu Terbuka, Politik Mercusuar dan Politik Dumping


Pengertian Politik Pintu Terbuka

Pengertian Politik Pintu Terbuka - Politik Pintu Terbuka ialah pelaksanaan politik colonial liberal di Indonesia, dimana golongan liberal belanda tersebut berpendapat bahwa kegiatan ekonomi di indonesa harus diatasi oleh pihak swasta, sementara pemerintah hanya berperan mengawasi saja.

Definisi Politik Pintu Terbuka – alasan mengapa belanda menerapkan kebiajakn politik pintu terbuka. Adanya traktat Sumatera pada tahun 1871 yang memberikan kebebasan bagi Belanda untuk meluaskan wilayahnya ke Aceh. Sebagai imbalannya Inggris meminta Belanda menerapkan system ekonomi Liberal di Indonesia agar pengusaha Inggris dapat menanamkan modalnya di Indonesia.

Adapun dampak yang terjadi dari kebijakan politik pintu terbuka diantara nya adalah:

1.  Rakyat semakin menderita dan sengsara karena eksploitasi terhadap sumber pertanian dan tenaga manusia semakin hebat.

2.  Industri/usaha pribumi mati karena pekerjanya pindah bekerja ke perkebunan dan pabrik-pabrik.

3.  Politik pintu terbuka yang diharapkan dapat memperbaiki kesejahteraan rakyat, justru membuat rakyat semakin menderita.

4.  Rakyat mengenal sistem upah dengan uang, juga mengenal barang-barang ekspor dan impor.

Pengertian Politik Mercusuar

apa yang di maksud dengan politik mercusuar? Menjawab dari pertanyaan tersebut , politik mercusuar merupakan politik yang dijalankan oleh presiden Soekarno pada masa demokrasi terpimpin yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai mercusuar yang dapat menerangi jalan bagi New Emerging Forces yaitu kekuatan baru yang sedang tumbuh di dunia.

Pengertian Politik Dumping

Pengertian Politik Dumping – diatas sudah kita bahas pengertian dari politik pintu terbuka dan politik mercusuar. Kemudian apa yang dimaksud dengan politik dumping? Politik dumping merupakan kebijakan-kebijakan yang dikerjakan dengan jalan menjual produk diluar negeri dengan lebih murah dari pada dalam negeri. Kebijkan ini memiliki tujuan yaitu untuk menguasai pasar diluar negeri serta menghasilkan produk lama yang kurang terkenal.

Didalam kamus hukum ekonomi definisi dumping perdagangan international ialah “ sebuah praktik dagang yang dilakukan eksportir dengan menjual barang-barang komoditi dipasar international dengan harga yang sangat murah dari nilai wajarnya atau sangat rendah dari harga yang sudah ditentukan di dalam negerinya sendiri.

Pada umumnya sebuah tindakan dumping didalam pasar international merupakan bentuk tindakan tidak adil dan akan merugikan banyak pihak, salah satunya adalah pihak competitor yang berada dinegara lain.

Contoh dumping dalam  perdagangan international yang sungguh-sungguhh terjadi pada negeri kita Indonesia dan dunia international diantara nya ialah :

1. Terigu turki yang mendominasi di Indonesia sekitar tahun 2009, harga nya sangat jauh dibawah pasaran.

2.  Harga Handphone Xiaomi yang sangat rendah di Indonesia berbeda dengan harga di Negara pembuatnya sendiri yaitu Negara China.

3.  Indonesia mengekspor kertas dengan harga yang sangat murah ke Negara korea.

4.  China mengekspor sutra ke India dengan harga dibawah pasaran, padahal India sendiri termasuk Negara penghasil sutra.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Pengertian Politik Pintu Terbuka, Politik Mercusuar dan Politik Dumping. Semoga dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © SEPIL. My Simple Template: Simple Template Design