Pada halaman ini akan dibahas mengenai Teori Belajar Vigotsky. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.
Teori Belajar Vigotsky
Vigotsky berpandangan bahwa perkembangan kognitif seseorang ditentukan oleh individu sendiri secara aktif dan lingkungan sosialnya. Teori sosiogenesis dari Vigotsky yang dikenal dengan revolusi sosial culturall mengemukakan 2 konsep, yaitu: hukum genetic tentang perkembangan (genetic law of development) dan Zone perkembangan proximal ( Zona of proximall development) dapat dijelaskan sebagai berikut:a. Genetic law of development
Dalam penerapan hukum genetik tentang pembentukan pengetahuan dan perkembangan kognitif, ia berpandangan bahwa kemampuan seseorang akan tumbuh dan berkembang melalui tataran sosial, tempat orang bergaul dalam lingkungan sosialnya, dan tataran psikologis yang terjadi dalam diri orang yang bersangkutan. Lingkungan sosial sebagai faktor primer dan konstitutif terhadap pengetahuan dan perkembangan kognitif seseorang. Pada tataran psikologis, pengetahuan dan perkembangan kognitif melaluii penguasaan dan internalisasi nilai dalam proses sosial yang dialaminya.Penerapan hukum genetik tentang perkembangan memunculkan pemikiran bahwa bahan ajar hendaknya menyiapkan tugas-tugas yang memberii kesempatan siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang berhubungan dengan materi yang dipelajari. Selanjutnya proses pemaknaan dan mengkonstruksi pengetahuan dapat diperoleh, setelah terjadinya proses internalisasi. Dalam hal ini belajar dan berkembang merupakan 2 hal yang saling berkaitan dan menentukan pembentukan pengetahuan dani perkembangan kognitif seseorang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar