Pengertian, Komponen dan Tipe Sistem Informasi Manajemen


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Pengertian, Komponen dan Tipe Sistem Informasi Manajemen. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


kembali kita melanjutkan pembahasan sebelumnya mengenai Pengertian Sistem, kali ini akan dijelaskan lebih dalam lagi mengenai Pengertian, Komponen dan Tipe Sistem Informasi Manajemen. Langsung saja kita ulas sebagai berikut :

Pengertian Sistem Informasi

 Untuk memahami Pengertian Sistem Informasi, harus dilihat keterkaitan antara data dan informasi sebagai entitas penting pembentuk sistem informasi. Data merupakan hal, keadaan atau sifat yang berdiri sendiri lepas dari konteks apapun. Sementara informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarrti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusann saat ini atau mendatang (Davis,1995), Mc Leod (1995) mengatakan bahwa informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti.

Akhirnya Sistem Informasi Manajemen (SIM) dapat didiefinisikan sebagai suatu alat untuk menyajikan informasi dengan cara sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya (Kertahadi, 1995). Tujuannya adalah untuk menyajikan informasi guna pengambilan keputusan pada perencanaan, pemrakarsaan, pengorganisasian, pengendalian kegiatan operasi subsistem suatu perusahaaan dan menyajikan sinergi organisasi pada proses (Murdick dan Ross, 1993). Dengan demikian, sistem informasi berdasarkan konsep (Input, Processing, Output – IPO) dapat dilihat pada gambar dibawah ini :



Pengertian, Komponen dan Tipe Sistem Informasi Manajemen


Komponen Sistem Informasi


Stair (1992) menjelaskan bahwa sistem informasi berbasis komputer (CBIS) dalam suatu organisasi terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut :

a.  Perangkat keras, yaitu perangkat keras komponen untuk melengkapi kegiatan memasukkan data , memproses data, dan keluaran data.

b.  perangkat lunak, yaitu program data instruksi yang diberikan ke komputer.

c.  Database, yaitu kumpulan data dan informasi yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga mudah diakses pengguna sistem informasi.

d. Telekomunikasi, yaitu komunikasi yang menghubungkan antara pengguna sistem dengan sistem komputer secara bersama-sama kedalam suatu jaringan kerja yang efektif.

e.  Manusia, yaitu personel dari sistem informasi, meliputi manajer, analis, programmer, dan operator serta bertanggungjawab terhadap perawatan sistem.

Tipe-Tipe Sistem Informasi


CBIS biasanya dibedakan menjadi beberapa tipe aplikasi, yakni :

a.  Transaction Processing Systems (TPS)

b.  Management Information System (MIS)

c.  Decision Support System (DSS)

d.  Expert System and Artificial Intelligence (ES & AI)


Berikut penjelasan singkat tentang perbedaan masing-masing tipe aplikasi siste informasi tersebut :

a.  Transaction Processing Systems (TPS)

adalah sistem informasi terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses sejumlah besar data untuk transaksi bisnis rutin.

b.   Management Information System (MIS)

adalah sebuah sistem informasi pada level manajemen yang berfungsi untuk membantu perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dengan menyediakan resume rutin dan laporan-laporan tertentu.

c.  Decision Support System (DSS)

merupakan sistem inforamasi pada level manajemen dari suatu organisasi yang mengombinasikan data dan model analisis canggih atau peralatan data analisis untuk mendukung pengambilan yang semi terstruktur dan tidak terstruktur.

d.  Expert System and Artificial Intelligence (ES & AI)

merupakan representasi pengetahuan yang menggambarkan cara seorang ahli dalam mendekati suatu masalah.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian, Komponen dan Tipe Sistem Informasi Manajemen diatas, Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi wawasan lebih bagi anda yang membacanya.

Sumber : Buku Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Penulis : Hanif Al Fatta, Penerbit : Andi
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © SEPIL. My Simple Template: Simple Template Design