Pengertian, Contoh, dan Karateristik Sistem


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Pengertian, Contoh, dan Karateristik Sistem. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Untuk mengawali pembahasan kita mengenai analisis dan perancangan sistem informasi, pemahaman akan sistem akan terlebih dahulu ditekankan. Pengertian sistem berkembang sesuai konteks dimana pengertian sistem itu digunakan. langsung saja kita bahas mengenai Pengertian, Contoh, dan Karateristik Sistem. Beberapa pengertian sistem secara umum sebagai berikut :

Pengertian Sistem 

a. Kumpulan dari bagian-bagian yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang sama. Contohnya sistem tata surya, sistem pencernaan, sistem transportasi umum, sistem otomotif, sistem komputer, sistem  informasi, dll.

b. Sekumpulan objek-objek yang salling berelasi dan berinteraksi serta hubungan antar objek bisa dilihat sebagai satu kesatuan yang dirancang untuk mencapai satu tujuan.

Dengan demikian, secara sederhana sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabel-variabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi dan berhubungan satu sama lain.


Pengertian Sistem Menurut Para Ahli


Murdick dan Ross (1993) mendefinisikan sistem sebagai seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan yang lainnya untuk suatu tujuan bersama. Sementara definisi sistem menurut kamus Webster’s Unbriged adalah elemen-elemen yang saling berhubung dan membentuk satu kesatuan atau organisasi. Menurut Scott (1996), sistem terdiri dari unsur-unsur seperti masukan (input), pengolahan (Processing), serta keluaran (output). Ciri pokok sistem menurut Gapspert ada empat, yaitu sistem itu beroprasi dalam suatu lingkungan, terdiri atas unsur-unsur, ditandai dengan saling berhubungan dan mempunyai fungsi dan tujuan utama.


Pengertian, Contoh, dan Karateristik Sistem


Gambar diatas menunjukkan bahwa sistem atau pendekatan sistem minimal harus mempunyai empat komponen, yakni masukan, pengolahan, keluaran, dan balikan atau control.

Sementara Mc.Leod (1995) mendefinisikan sistem sebagai sekelompokn elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapaai suatu tujuan. Sumber daya mengalir dari elemen output dan untuk menjamin prosesnya berjalan dengan baik, maka dihubungkan dengan mekanisme control. Untuk lebih jelasnya elemen-elemen sistem tersebut dapat digambarkan dengan model seperti dibawah ini :


Pengertian, Contoh, dan Karateristik Sistem


Klik Pengertian - Banyak ahli mengajukan konsep sistem dengan deskripsi yang berbeda tetapi pada prinsipnya hampir sama dengan konsep dasar sistem umumnya. Schronderberg (1971) dalam suradinataa (1996) secara ringkas menjelaskan bahwa sistem adalah :

a.  Komponen-komponen yang saling bergubungan satu sama lain.

b.  Suatu keseluruhan tanpa memisahkan komponen pembentuknya

c.  Bersama-sama dalam mencapai tujuan

d.  Memiliki input dan output yang dibutuhkan oleh sistem lainnya

e.  Terdapat proses yang mengubah input menjadi output

f.  Menunjukkan adanya entropi

g.  Memiliki aturan

h.  Memiliki sub sistem yang kecil

i.  Memiliki deferensiasi antar subsitem

j. Memiliki tujuan yang sama meskipun mulainya berbeda.

Karakteristik Sistem

Untuk memahami atau mengembangkan suatu sistem, maka perlu membedakan unsur-unsur dari sistem membentuknya. Berikut adalah karateristik sistem yang dapat membedakan suatu sistem dengan sistem lainnya :

1.  Batasan (boundary) yaitu penggambaran dari suatu elemen atau unsur mana yang termasuk didalam sistem dan mana yang dilluar sistem.

2.  Lingkungan (environment) yaitu segala sesuatu diluar sistem, lingkungan yang menyediakan asumsi, kendala, dan input terhadap suatu sistem.

3.  Masukan (input) yaitu sumber daya (data, bahan baku, peralatan, energy) dari lingkungan yang dikonsumsi dan dianipulasi oleh suatu sistem.

4.  Keluaran (output) yaitu sumber daya atau produk (informasi, laporan, dokumen, tampilan layar komputer, baarang jadi) yang disediakan untuk lingkungan sistem oleh kegiatan suatu sistem.

5.  Komponen (component) yaitu kegiatan-kegiatan atau proses dalam suatu sistem yang mentransformasikan input menjadi bentuk setengah jadi (output). Komponen ini bisa merupakan ini bisa merupakan subsistem dari sebuah sistem.

6.  Penghubung (interface) yaitu tempat dimana kompunen atau sistem dan lingkungannya bertemu atau berinteraksi.

7.  Penyimpanan (strorage) yaitu area yang dikuasai dan digunakan untuk penyimpan sementara dan tetap dari inforamasi, energy, bahan baku, dan sebagainya. Penyimpanan merupakan suatu media penyangga diantara komponen tersebut bekerja dengan berbagai tingkatan yang ada dan memungkinkan komponen yang berbeda dari berbagai data yang sama.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Sistem, Contoh Sistem dan Karateristik Sistem, untuk artikel selanjutnya kita akan membahas mengenai Pengertian Sistem Informasi. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi wawasan bagi anda yang membacanya.


Sumber : Buku Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Penulis : Hanif Al Fatta, Penerbit : Andi
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © SEPIL. My Simple Template: Simple Template Design