Beberapa Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Beberapa Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Demokrasi berasal dari bahasa yunani yaitu ‘demos’ dan ‘kratos’. Demos yaitu rakyat sedangkan kratosyaitu kekuasaan. Namun secara istilah, demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan negara yang didalamnya mengikutsertakan partisipasi rakyat. Berikut ini beberapa Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli yang akan memberikan penjelasan mengenai demokrasi dari beberapa negara. Secara umum pengertian demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang mengikutsertakan setip warga negara untuk memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan atau kebijakan, karena keputusan tersebut akan berpengaruh kedalam kehidupan rakyat. Demokrasi juga dapat diartikan sebagai cara atau bentuk pemerintahan yang dipergang oleh rakyat atau dengan kata lain rakyat memiliki kedaulatan tertinggi dalam kehidupan bernegara. Demokrasi merupakan pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
Beberapa Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli


Pengertian Demokrasi Menurut Beberapa Ahli

Demokrasi mecakup kondisi sosial sebuah negara, ekonomi dan budaya yang dapat menimbulkan praktik kebebeasan politik di negara tersebut. Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli yang pertama yaitu menurut Aristoteles yang menyebutkan bahwa demokrasimerupakan suatu kebebasan atau dengan kata lain bahwa prinsip demokrasi adalah kebebasan karena hanya melalui kebebasanlah setiap warga negara dapat saling berbagi kekuasaan di dalam negaranya. Aristoteles juga menyatakan apabila seseorang hidup tanpa kebebasan dalam memilih cara hidupnya, maka saja ia seperti budak. Dengan demokrasi, maka setiap warga negara memiliki hak yang sama karena demokrasi tidak memandang warga negara dari status sosial atau jabatan yang dipegang.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli kedua yaitu menurut Abraham Lincoln yang menyebutkan bahwa demokrasi merupakan pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Jadi pemerintah adalah bentukan rakyat, rakyat yang mencalonkan, rakyat yang memilih yang terbaik dan pemerintahan tersebut berjalan untuk rakyat. Sedangkan menurut Kranemburg yang mengemukakan bahwa demokrasi sesuai dengan pengertian dasarnya yaitu memerintah rakyat. Dengan rakyat yang menentukan pemerintahan, maka rakat memiliki hak yang setara dengan pejabat pemerintaha. Sehingga untuk mengambil keputusan dalam sistem pemerintahan, semuanya akan melibatkan rakyat untuk turut serta dalam pengambilan keputusan atau diskusi secara umum.

Menurut Koentjoro Poebopanoto beliau menyebutkan bahwa demokrasi adalah suatu sistem yang mana rakyat harus turut berpartisiapasi dalam pemerintahan negara secara aktif. Maksudnya adalah bahwa rakyat harus berperan aktif dalam menentukan jalannya pemerintahan. Misalnya dalam pemilu. Setiap warga yang sudah cukup umur memiliki hak yang sama untuk memilih calon presiden. Dengan mengikuti pemilu maka sama saja turut aktif dalam jalannya pemerintahan. Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Henry B. Mayo yang menyebutkan bahwa dalam menjalankan sistem politik demokratis, pemerintahan yang mengambil suatu kebijakan umum akan ditetapkan oleh wakil rakyat dan diawasi dengan efektif oleh rakyat. Jadi sistem politik di indonesia juga turut mengikutsertakan rakyat untuk mengawasi atau berpartisipasi langsung.

Menurut Charles Costello, demokrasi merupakan suatu sistem poitik pemerintahan dan sosial dengan kekuasaan pemerintah dan dibatasioleh hukum serta merupakan sebuah kebebasan bagi warga negara dalam melindungi haknya. Warga negara yang tinggal dinegara dengan sistem demokratis juga memiliki hak untuk melindungi dirinya. Dengana danya undang-undang yang berlaku, maka setiap kehidupan masyarakat akan diatur dalam perundang-undangan. Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Samuel Huntington yang mengatakan bahwa demokrasi itu ada jika para pembuat keputusan terkuat dalam suatu sistem dipilih melalui pemilu yang jujur, adil dan berkala dan adanya kebebasan bersaing bagi setiap calon dalam memperoleh suara. Maksudnya adalah setiap caleg memiliki hak yang sama untuk mendapatkan suara rakyat, jika ada sabotase maka hukum yang akan berlaku.

Menurut Sidney Hook mengatakan bahwa demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan dimana suatu keputusan pemerintah secara langsung atau tidak, harus didasarkan pada kesepatakan umum yang diberikan rakyat secara bebas. jadi rakyat bebas untuk memberikan aspirasi yang akan ditampung dan disalurkan kepada pemerintahan. Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Merriam yaitu bahwa demokrasi diartikan merupakan pemerintahan oleh rakyat yang secara khusus oleh mayoritas dan pemerintahan dengan kekuasaan tertinggi yaitu tetap dijalankan oleh rakyat baik secara langsung atau tidak langsung yang dilakukan dengan sistem perwakilan. Sistem perwakilan yang dimaksud adalah adanya pemilu.

Dalam pemilu, tidak ada perbedaan kelas oleh rakyat untuk memilih dan mencalonkan diri sebagai calon legislatf. Setiap rakyat memiliki hak yang sama untuk mencalonkan diri. Tidak peduli keturunan atau suku bangsa, begitu pula rakyat memiliki hak yang sama dalam memilih. Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli C.F Strong menyebutkan bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan yang mayoritas anggota dewan merupakan perwakilan dari masyarakat yang turut ikut dalam politik berdasarkan sistem perwakilan yang dapat menjamin pemerintahan dan akhirnya dapat mempertanggungjawabkan tindakannya. Setiap warg berhak menunjuk atau mencalonkan diri sebagai anggota dewan, yang fungsinya adalah untuk menyampaikan aspirasi rakyat yang akan ditampung dalam forum diskusi.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Prof M. Muhammad Yamin yaitu suatu dasar didalam pembentukan pemerintahan dan beradan didalamnya atau masyarakat dalam sebuah kekuasaan untuk mengatur dan memerintah, tujuannya agar secara sah dikendalikan seluruh warga negara. Jadi setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mengatur jalannya sistem pemerintahan. Sedangkan menurut John L Esposto, demokrasi meupakan kekuasaan dari rakyat dan untuk rakyat. Jadi setiap warga negara memiliki hak untuk berpartisipasi baik terlibat secara aktif atau hanya mengontrol kebijakan yang dikeluaran pemerintah. selain itu dalam lembaga pemerintaan juga terdpat pemisahan yang jelas antara unsur eksekutif, legislative dan yudikatif.


Dari Rakyat, Oleh Rakyat, Untuk Rakyat

Demokrasi merupakan sebuah bentuk pemerintahan yang membuat rakyat turut serta dalam mengawasi pekerjaannya pemerintahan.negara yang menganut sistem demokrasi akan memberikan hak yang sama bagi warga negaranya untuk turut berpartisipasi baik secara langsung atau tidak. Warga negara memiliki hak untuk mengatur atau memberikan aspirasi kepada pemerintahan.oleh karena itu ada yang namanya dewan perwakilan. Dewan perwakilan merupakan warga negara yang secara khusus diwakilkan untuk membantu pemerintahan secara langsung dan fungsi adanya dewan perkailan adalah untuk menampung aspirasi rakyat dan disampaikan pada presiden. Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli diatas juga dapat disimpulkan bahwa dewan perwakilan juga masih dibagi tergantung unsurnya. Oleh sebab itu rakyat bebas dalam menentukan dewan perwakilan dalam pemilu.

Pengertian Demokrasi Secara Umum

Pengertian demokrasi yang begitu banyak memiliki satu kesimpulan dimana demokrasi adalah sebuah hak. Rakyat memiliki hak yang bisa mereka gunakan dalam mengatur negaranya. Dalam negara yang demokrasi tidak ada diskriminasi karena hak tidak memandang bulu rakyatnya. Seperti yang dijelaskan Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Harris Soche yang menyebutkan bahwa demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan, jadi kekuasaan pemerintah melekat pada rakyat dan itu juga merupakan hak asasi manusia (HAM) bagi rakyat untuk mempertahankan, mengatur dan melindungi diri dari seitap paksaan. Negara sengan sistem demokratis akan menghargai dan menghormati setiap pendapat warga negaranya.  
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © SEPIL. My Simple Template: Simple Template Design