Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi Indonesia


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi Indonesia. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Demokrasi merupakan kebebasan, rakyat memiliki hak yang sama untuk mengatur jalannya kehidupan bernegara. Negara yang menganut sistem demokrasi akan memberikan keleluasaan bagi rakyatnya untuk menyampaikan aspirasinya. Demokrasi juga diartikan sebagai pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat. Berikut ini akan dijelaskan Macam-macam, Ciri,Tujuan dan Prinsip Demokrasi. Di negara yang menganut sistem pemerintahan yang demokratis, rakyat merupakan pemegang kekuasaan tertinggi. Sehingga pemerintahan akan berjalan dibawah pengawasan rakyat. Rakyat memiliki hak yang sama dalam memberikan aspirasi yang akan ditampung oleh seorang wakil rakyat atau yang sering disebut dengan anggota dewan. Anggota dewan berperan sebagai wadah untuk menampung serta menjadi perantara antara rakyat dan pemerintah.



Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi Indonesi


Macam-macam Demokrasi

Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi juga dibagi menjadi beberapa. Macam demoktasi berdasarkan cara penyaluran aspirasi rakyat ada dua yaitu demokrasi langsung dan tidak langsung. Demokrasi langsung merupakan sistem demokrasi yang memberikan kesempatan kepada semua warga negaranya dalam permusyawaratan saat menentukan sebuah kebijakan umum dari suatu negara atau dalam memutuskan suatu undang-undang. Dengan kata lain, demokrasi langsung adalah demokrasi yang bersih karena rakyat diberikan hak mutlak dan kebebasan dalam menyampaikan aspirasinya. Rakyat akan turun langsung dalam musyawarah menentukan kebijakan, sehingga kebijakanpun akan dibuat apabila rakyat menyetujui dan pembuatan kebijakan juga didasarkan atas aspirasi rakyat.

Demokrasi tidak langsung merupakan sistem demokrasi yang dijalankan menggunakan sistem perwakilan, yaitu misalnya melalui anggota dewan perwakilan. Rakyat biasanya akan menunjuk seseorang yang dipercaya dan berpotensi untuk menjadi seorang wakil rakyat. Rakyat bebas untuk menunjuk atau mencalonkan yang kemudian calon tersebut akan diseleksi dan diikutkan dalam pemilu. Calon yang terpilih menjadi dewan perwakilan akan menjadi tempat untuk warganya menyampaikan aspirasi untuk negara. Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi dalam jenis demokrasi juga dibagi berdasarkan yang dijadikan titik perhatian atau prioritas yaitu demokrasi formal, demokrasi material dan demokrasi campuran. Demokrasi formal merupakan demokrasi yang memberikan kekuatan hukum yang sama dibidang politik tanpa memandang perbedaan ekonomi.

Demokrasi material merupakan demokrasi yang terjadi di negara sosialis-komunis dan demokrasi campuran adalah demokrasi yang menyamakan hak dan derajat dari tiap individu demi kesejahteraan rakyat. Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi dalam jenis demokrasi berdasarkan prinsip ideology yaitu ada demokrasi rakyat dan demokrasi konstitusional. Demokrasi rakyat merupakan sistem demokrasi yang tidak mengenal kelas sosial dalam kehidupan, tetapi untuk mencapai masyarakat yang dicita-citakan harus dilakukan dengan cara kekerasan atau dengan kata lain bahwa negara adalah alat untuk mencapai cita-cita kepentingan kolektif. Demokrasi konstitusional merupakan demokrasi yang dilandaskan pada kebebasan setiap orang sebagai makhluk sosial. 

Ciri-Ciri Demokrasi


Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi memiliki beberapa ciri-ciri negate yang menganut sistem demokrasi yaitu pemerintah didasarkan pada kehendak dan kepentingan semua rakyat. Ciri perwakilan yaitu dalam mengatur negara, perwakilan sudah dipilih oleh rakyat. Ciri berikutnya pada ciri pemilu yaitu kegiatan politik yang dilaksanakan untuk memilik pihak dalam pemerintahan dan setiap wargaa negara yang sudah sesuai kriteria dapat mengikutinya. Ciri kepartaian yaitu partai menjadi sarana untuk menjadi bagian dalam sistem demokrasi. Ciri konstitusional yaitu segala hal yang berhubungan dengan kepentingan rakyat akan dituliskan dan dirumuskan dalam konstitusi dan undang-undang. Ciri kekuasaan nega demokrasi yaitu adanya pembagian dan pemisah kekuasaan. Dan ciri tanggung jawab yaitu adanya tanggng jawab dari pihak yang telah dipilih untuk ikut dalam sistem demokrasi.

Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi menurut Bingham Powl yaitu dalam negara demokrasi, legitimasi pemerintahan didasarkan dari keputusan pemerintah yang mewakili keinginan rakyat. Artinya apapun yang dilakukan oleh pemerintah baik patuh pada aturan, didasarkan untuk menekankan bahwa yang dilakukan pemerintah dalam menjalani negara demokrasi adalah kehendak rakyat. Pengaturan yang mengorganisasikan musyawarah mufakat untuk memperoleh legitiasi melalui pemilu yang kompetitif. Pemilihan dilakukan secara rahasia dan tanpa adanya paksaan dari pihak pemerintah. dan dalam negara yang mengantu sistem demokrasi terdapat hak-hak dasar yaitu kebebasan berbicara, kebebasan berorganisasi dan kebebasan pers.


Prinsip-Prinsip Demokrasi

Prinsip demokrasi merupakan hal yang penting untuk menjalankan sebuah negara. Berikut ini Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi yaitu adanya keterlibatan warga negara dalam pembuatan keputusan politik, adanya tingkat persamaan tertentu diantara warga negaranya. Tingkat kebebasan atau kemerdekaat tertentu dipakai dan diakui oleh warga negara. Demokrasi merupakan suatu sistem perwakilan dan sistem pemilihan kekuasaan mayoritas. Prinsip demokrasi lainnya yaitu adanya pemilu yang bebas, jujur dan adil serta tidak ada paksaan. Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi atau undang-undang. Dalam prinsip demokrasi juga terdapat jaminan Hak Asasi Manusia. selain itu adanya persamaan kedudukan didepan hukum. Sistem peradilan jujur dan tidak memihak untuk mencapai sesuatu. Serta adanya prinsip kebebasan berserikat, mengeluarkan pendapat dan kebebasan pers.

Prinsip demokrasi jika dilihat dari pendapat Almadudi dikenal dengan istilah “soko guru demokrasi”. Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi menurut Almdudui adalah kedaulatan rakyat, kekuasaan mayoritas, hak-hak minoritasi, pemerintah berdasarkan persetujuan dari rakyat, jaminan Hak Asasi Manusia, pemelihan yang bebas adil jujur, persamaan di mata hukum, proses hukum yang wajar, pembatasan pemerintah secara konstitusional, pluralisme sosial, ekonomi dan politik serta adanya nilai-nilai toleransi, pramatisme, kerjasama dan mufakat. Demokrasi akan dijalankan dalam negara yang mengutamakan rakyatnya. Rakayt merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam negaranya.

Keuntungan adanya sistem demokrasi yang dianut oleh sebuah negara yaitu bahwa pemegang kekuasaan dipilih menurut suara dan keinginan rakyat. Lalu bisa mencegah monopoli kekuasaan serta dengan adanya kesetaraan hak membuat setiap masyarakat dapat ikut serta dalam sistem politik. Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi juga memiliki kelemahan yaitu dalam negara demokrasi, kepercayaan rakyat dapat dengan mudah digoyahkan melalui pengaruh seperti dari media. Kesetaraan hal dianggap tidak wajar karena menurut ahli setiap orang memiliki pengetahuan politik yang berbesa. Selain itu kosentrasi pemerintah yang sedang menjabat akan memudar saat waktu pemilu berikutnya. Namun dalam negara demokrasi, rakyat diberi kebabasan untuk memberikan tanggapan dan turun langsung dalam menilai kinerja pemerintah.

Dalam menjalankan sebuah negara dengan sistem demokrasi, rakyat diikutsertakan dalam mengawasi jalannya sistem pemerintahan. Apabila pemerintahan tidak berjalan sesuai dengan kebijakan atau menyeleweng dari aturan, maka telah ada hukum yang mengatur. Dalam negara demokrasi, HAM juga mnejadi sesuatu yang kuat karena dalam negara demokrasi, rakyat memiliki hak yang sama dalam segala hal dan tidak memandang status sosial atau perbedaan ekonomi. Aspirasi rakyat juga bebas dikeluarkan serta rakyat juga bebas menunjuk seseorang untuk dijadikan wakil rakyat di ranah politik. partai di negara demokrasi merupakan wadah bagimasyarakat untuk turut serta berpartisipasi dalam politik. itulah beberapa Macam-macam, Ciri, Tujuan dan Prinsip Demokrasi yang ada
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © SEPIL. My Simple Template: Simple Template Design