Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Globalisasi secara umum diartikan sebagai proses yang mendunia, dimana individu tidak lagi terikat oleh negara atau batas-batas wilayah. Di era globalisasi ini, individu bebas terhubung dengan siapa saja dari belahan bumi manapun, dan hal ini menyebabkan terjadinya penyebaran infromasi dan komunikasi yang menyebar melalui media massa yang mendunia seperti internet. Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut paraAhli ada beberapa. Banyak para ahli yang telah mengemukakan pendapat tentang globalisasi dengan pandangannya masing-masing. Sebagian diantaranya menganggap bahwa globalisasi merupakan proses sosial dan juga ada ahli yang mengatakan bahwa globalisasi merupakan proses sejarah atau proses alami yang akan membuat bangsa-bangsa di dunia semakin terikat satu sama lain.

Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli


Globalisasi Menurut Beberapa Ahli

Menurut Achmad Suparman, globalisasi merupakan suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai suatu ciri yang dimiliki dari tiap individu di dunia tanpa adanya pembatasan wilayah. Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli Suparman menjelaskan bahwa globalisasi tidak mengikat individu, namun globalisasi bisa membuat individu di seluruh dunia memiliki ciri khas masing-masing. Dari ciri atau karakteristik itulah yang akan menyatukan individu-individu dari belahan bumi manapun. Sedangkan pengertian globalisasi menurut Martun Albrow bahwa globaliasasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia tungga. Jadi seluruh individu di dunia telah tergabung dalam suatu jaringan sehingga mereka bisa saling berkomunikasi melalui internet.

Globalisasi merupakan proses mendunia dimana orang-orang di seluruh dunia telah terhubung menjadi sebuah jaringan. Dengan begitu seluruh individu dapat terhubung satu sama lain. penyebaran informasi di era globalisasi juga semakin dipermudah dengan adanya teknologi canggih. Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli Emanuel Ritcher yang mengatakan bahwa globalisasi merupakan suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebra, persatuan masyarakat ini menjadikan suatu hubungan ketergantungan satu sama lain dan hal ini menimbulkan sebuah persatuan dunia dimana orang-orang dari belahan negeri manapun dapat terhubung satu sama lain dan terciptanya integritas yang baik serta hubungan yang baru.

Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli Laurence Rothernberg yang mengatakan bahwa globalisasi merupakan percepatan intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda. Kata kunci dari globalisasi adalah mendunia. Tidak hanya orang-orang yang terhubung dan saling menciptakan hubungan baik, namun dari segi perusahaan dan pemerintah juga akan terhubung dengan perusahaan lain di luar negaranya. Hal ini akan menimbulkan kerjasama yang baik antar perusahaan satu dengan perusahaan lain dari seluruh dunia. kerjasama ini tentunya juga dapat meningkatkan pendapatan dari warga negara serta perekrutan tenaga kerja juga bisa dilakukan dengan mudah di era globalisasi ini.

Globalisasi masuk kedalam setiap aspek kehidupan manusia seperti perdagangan, teknologi, pertukaran informasi dan gaya hidup. Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli Selo Soemardjan yang mengatakan bahwa globalisasi merupakan sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem atau aturan tertentu yang sama. Jadi setiap masyarakat dari belahan dunia manapun akan terintegritas dengan sebuah sistem yang mana sistem tersebut memiliki aturan atau kaidah yang ,membuat masyarakat tersebut dapat bergabung.globalisasi membuat setiap orang di dunia menjadi lebih mudah dalam mencari informasi dan berkomunikasi. munculnya teknologi komunikasi membuat masyarakat menjadi semakin canggih.

Pengaruh dan Dampak Globalisasi

Teknologi komunikasi membuat masyarakat di seluruh dunia bisa terhubung satu sama lain. bahkan orang di pelosok bisa juga berhubungan dengan orang lain di kota. Masyarakat di suatu negara bisa terhubung dengan teman d negara lain. proses perolhan informasi juga menjadi semakin cepat dikarenakan adaya teknologi internet. Tidak hanya berita lokal saja yang bisa dilihat, namun berita dari negara luar juga bisa dilihat. Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli diatas juga dapat disimulkan bahwa globalisasi merupakan proses kemajuan dunia dengan munculnya teknologi baru yang menunjang kehidupan masyarakatnya.

Proses mendunia ini bisa membuat masyarakat menjadi terhubung dan mudah dalam segala aspek kehidupannya. Masyarakat bisa mencari atau memperoleh informasi dari mana saja, khusunya dengan munculnya teknologi informasi maka manusia menjadi lebih mudah dalam mendapatkan informasi. Jika dahulu media massa hanya meliputi cetak dan elektronik, maka dengan munculnya proses globalisasi ini maka media massa juga ada dalam bentuk online. Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli diatas juga menyebutkan bahwa dengan globalisasi, maka masyarakat di seluruh dunia dapat tergabung dalam sebuah jaringan luas yang bisa membantu meeka dalam setiap aspek kehidupannya. Selain dalam teknologi informasi, globalisasi juga menunjukkan kemajuan dalam bidang transportasi.

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, maka semakin besar pula pembangunan yang terjadi di dunia. ilmu pengetahuan manusia yang semakin tinggi membuat mereka bisa menciptakan beranekaragam teknologi yang bisa membuat hidup manusia menjadi lebih mudah, Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli dampak globalisasi juga dirasakan oleh setiap masyarakat dari seluruh dunia. baik dampak dalam kehidupan pribadinya ataupun dalam lingkungannya. Globalisasi membawa manusia hidup menjadi lebih mudah dan cepat karena dengan adanya perkembangan teknologi, maka manusia dapat memanfaatkannya untuk kehidupannya. Dampak globalisasi dibagi menjadi dampak positif atau negative. Meskipun globalisasi baik dalam perkembangan dunia, namun globalisasi juga pastinya membawa dampak buruk bagi dunia.

Dampak Positif dan Dampak Negatif Globalisasi

Dampak positif globalisasi dibagi menjadi beberapa dalam Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli, yang pertama dengan adanya globalisasi maka komunikasi semakin cepat dan mudah yaitu dengan munculnya smartphone. Dampak berikutnya yaitu globalisasi dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. selain itu globalisasi juga membuat manusia lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan ilmu penengetahuan yakni dengan menggunakan internet, para pelajar bisa terhubung dengan pelajar di negara lain lalu bertukar ilmu pengetahuan. Globalisasi juga meningkatkan promosi pariwisata, karena dengan dikunjungi oleh wisatawan luar negeri, maka pariwisata di sebuah negara dapat dikenal oleh negara lain. globalisasi juga membuat peningkatan dalam bidang ekonomi yang menjadi lebih produktif, efisien dan efektif.

Namun globalisasi juga memiliki dampak negatif seperti informasi yang tidak tekendali yakni tidak jelasnya sumber kebenaran dari informasi. Lalu dampak negative lainnya yaitu munculnya sikap ala kebarat-baratan dan individualism. Globalisasii juga membuat manusia berkurang sifat gotong royongnya. Pengertian, dan dampak globalisasi Secara Umum Menurut para Ahli dalam dampak negative lainnya yaitu perusahaan dalam negeri lebih mementingkan perusahaan dari luar dibandingkan dalam negeri sendiri. Lalu dampak lainnya yaitu berkurangnya tenaga pertanian karena pembangunan beralih menjadi sektor industry serta yang paling berbahaya adalah budaya bangsa akan terkikis khususnya pada anak muda. 
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © SEPIL. My Simple Template: Simple Template Design