Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi


Pada halaman ini akan dibahas mengenai Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi. Semua informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber. Semoga memberikan faedah bagi kita semua.


Pertumbuhan Ekonomi- Pertumbuhan ekonomi ini memiliki arti bertambahnya pendapatan nasional suatu negara pada waktu periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi ini juga ditandai dengan peningkatan terhadap produksi suatu negara. Negara mampu menyediakan berbagai barang produksi untuk masyarakatnya. Pertumbuhan ekonomi yang terjadi pada suatu negara ini juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Perekonomian suatu negara bisa dikatakan berkembang dan bertumbuh dengan pesat jika pemerataan pendapatan dapat dirasakan oleh masyarakatnya. Selain itu juga berkembangnya berbagai sektor ekonomi yang ada. Untuk faktor agar pertumbuhan ekonomi ini semakin meningkat dan berkembang, anda bisa memperhatikan beberapa hal.

Pertumbuhan Ekonomi, Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Definisi Pertumbuhan Ekonomi, Arti Pertumbuhan Ekonomi, Makna Pertumbuhan Ekonomi, Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi, Sumber daya Alam untuk Pertumbuhan Ekonomi, Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Ekonomi, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Pertumbuhan Ekonomi.
Pertumbuhan Ekonomi: Pengertian & Faktor yang Mempengaruhi 

1. Sumber daya manusia (SDM)
SDM menjadi faktor utama dalam melakukan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Bagaimanapun juga SDM adalah sebagai motor penggerak untuk dapat melakukan kegiatan ekonomi. SDM yang dibutuhkan oleh negara untuk bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah, memiliki SDM yang mewadai dengan peningkatan mutu dan kualitas SDM membekalinya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2. Sumber daya alam
Faktor ini menjadi sanga berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Pada umumnya untuk negara-negara berkembang masih bergantung pada sumber daya alam, akan tetapi SDA ini juga harus didukung dengan adanya SDM yang berkualitas sehingga bisa mampu mengolah dengan baik.

3. Ilmu pengetahuan dan juga Teknologi 
SDM yang berkualitas tentu akan dipengaruhi IPTEK yang ia dapat. Jika IPTEK mendukung kebutuhan sebagai bekal SDM maka bisa melakukan kegiatan ekonomi yang ideal sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada.

Dari  beberapa faktor diatas ini menjadi modal utama yang harus dimiliki oleh  suatu negara dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada. Faktor-faktor tersebut tidak bisa dipisahkan dan saling berkaitan dan menjadi satu kesatuan yang harus diperhatikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dari pertumbuhan ekonomi ini dapat dilihat berbagai sektor industri yang semakin banyak dan berkembang dengan pesat. Negara bisa meningkatkan pendapatan nasional lewat produksi yang dilakukan.

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Mata Pelajaran Ekonomi di atas tentang Pertumbuhan Ekonomi bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Baca juga: Pengertian dan Contoh Keunggulan Komparatif dan Keunggulan Kompetitif
Dalam:

Share:


Anda Juga Bisa Baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © SEPIL. My Simple Template: Simple Template Design